Bantalan rem adalah bagian mendasar dari sistem pengereman. Bantalan rem bekerja di dalam kaliper rem. Jika mobil Anda memiliki rem cakram, maka terdapat juga bantalan rem. Bantalan rem akan aus selama pengereman. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memeriksa kondisi bantalan rem secara teratur. Jika bantalan rem sangat aus, Anda dapat menyebabkan kecelakaan.
Kampas rem mobil – informasi dasar
Kampas rem terdiri dari tiga komponen.
Komponen pertama adalah dasar logam. Fungsinya adalah untuk memperbaiki bantalan di dalam kaliper rem.
Komponen kedua – lapisan yang seharusnya mendiamkan kampas selama pengereman.
Komponen ketiga – lapisan kerja kampas rem. Bagian bantalan rem ini menyentuh cakram rem selama pengereman.

Mengapa kampas rem mobil/bantalan rem mobil bisa aus?
Ketika Anda mengerem, kampas rem/bantalan rem bergesekan dengan rem cakram (di kedua sisi). Semakin kuat gesekannya, semakin baik rem mobil atau semakin rendah kecepatan mobil.
Gesekan kampas rem dengan cakram rem menyebabkan lapisan kerja kampas menjadi aus. Setelah setiap penggunaan rem, lapisan kerja bantalan menjadi semakin tipis.
Anda harus ingat bahwa sistem keselamatan ABS, ASR dan ESP juga gunakan rem cara otomatis. Ketika sebuah mobil memiliki bantalan rem yang rusak (contohnya kampas rem aus), sistem keselamatan tidak akan berfungsi. Hal ini memungkinkan Anda mengalami selip. Anda bisa membuat kecelakaan.

Kapan kamaps rem / bantalan rem harus diganti? Gejala-gejala kampas rem/bantalan rem yang rusak
Kapan harus mengganti bantalan rem?
Gejala kegagalan bantalan rem
Kampas rem/ bantalan rem memiliki ketebalan yang kecil. Pada kampas rem yang baru, kampas yang masih berfungsi memiliki ketebalan sekitar 1 cm. Ketika ketebalan kampas rem mobil sudah mencapai 1,5 milimeter – kampas rem/bantalan rem harus diganti.
Derit (suara logam) dapat terdengar saat pengereman.Derit (suara logam) dapat terdengar saat mengemudi.Bantalan rem mungkin memiliki komponen lembaran logam. Ini adalah sensor ketebalan bantalan rem. Ketika kampas rem tipis, sensor ketebalan kampas akan bergesekan dengan cakram rem.Bunyi berdecit logam dapat terdengar akibat gesekan tersebut.
Mobil Anda mungkin memiliki sensor elektrik yang mengukur ketebalan kampas. Ketika kampas tipis, pesan peringatan akan ditampilkan pada layar / dasbor.
Sistem rem berdecit saat pengereman – periksa kondisi bantalan dan cakram rem. Kemungkinan bantalan rem aus.
Sistem rem mengerem dengan buruk – periksa kondisi bantalan rem.
Ketika Anda menekan pedal rem, mobil tidak mengerem dan berjalan lurus, tetapi tergelincir ke kanan atau ke kiri.Periksa bantalan rem tidak terkunci.
PENTING. Anda harus ingat bahwa bantalan rem selalu harus diganti pada satu poros kendaraan. Anda harus memasang bantalan rem baru pada as roda depan mobil atau as roda belakang mobil. Atau di keuda as roda. Ingat juga – periksa kondisi cakram rem
Bantalan rem depan lebih cepat aus daripada bantalan rem belakang. Setelah setiap penggunaan rem, lapisan kerja bantalan rem menjadi semakin tipis.
Anda harus ingat bahwa sistem keselamatan ABS, ASR dan ESP juga mengerem.Ketika sebuah mobil memiliki bantalan rem yang rusak, sistem keselamatan tidak akan berfungsi. Hal ini memungkinkan Anda mengalami selip pada jalan yang basah.
Anda harus ingat bahwa bantalan rem mobil dapat rusak dengan cara lain:
– bantalan rem mobil yang gosong dan hangus – karena pengereman yang berat (contohnya ketika Anda sering mengemudi di gunung)
– bantalan rem mobil lunak / lapisan kerja banlatan rem terlalu lunak- bantalan cepat aus karena cakram rem terlalu keras. Anda harus membeli kampas rem dan cakram rem yang dibuat oleh produsen yang sama
– bantalan rem terkunci di dalam kaliper rem. Alasan kegagalan – piston rem terkunci. Anda perlu memperbaiki kaliper rem.Anda perlu mengganti minyak rem.Jika Anda tidak mengganti minyak rem dalam waktu yang lama, piston rem akan berkarat.

Masa pakai bantalan rem mobil
Berapa lama masa pakai kampas rem? Di antara 20.000 hingga 70.000 kilometer
Apa yang mempengaruhi masa pakai kampas rem?
Jika Anda berkendara di sekitar kota dan sering mengerem, kampas rem akan cepat aus.
Jika mobil Anda berat, bantalan rem akan cepat aus.
Bantalan rem yang murah bisa cepat aus (kualitas produksi yang buruk).
Jika kamu mengemudi cara agresif, bantalan rem akan cepat aus.
Terima kasih telah membaca artikel ini. Berhati-hatilah di jalan!