Gas buang seharusnya tidak memiliki warna tertentu. Ketika knalpot berwarna putih (asap mobil putih), biru (asap mobil biru) atau hitam (asap mobil hitam), itu adalah tanda kerusakan mobil. Apa arti warna gas buang biru? Apa arti warna gas buang hitam pada mobil? Apa arti warna gas buang mobil putih?
Warna gas buang yang pekat merupakan tanda adanya masalah pada mesin mobil. Ini adalah tanda masalah pada mesin itu sendiri, sistem pendingin mesin, sistem pelumasan mesin, dan sistem pembuangan.
Ini penting. Jika cuaca lembab, warna gas dari knalpot bisa berwarna abu-abu atau putih. Jika cuaca dingin, warna gas dari knalpot mungkin abu-abu atau putih. Periksa warna gas buang ketika mesin telah mencapai suhu operasi (mesin dihangatkan).
Apa warna asap/gas dari knalpot yang dikeluarkan oleh mobil yang berfungsi dengan baik?
Mobil yang efisien mengeluarkan asap/gas dari knalpot yang berwarna agak abu-abu. Pada mobil dengan mesin baru, gas buang mungkin tidak terlihat (gas transparan/ gas dari knalpot transparen).
Warna gas buang dari knalpot diesel – warna gas buang dari knalpot bensin.Apakah keduanya berbeda?
Jika mobil diesel dilengkapi dengan filter partikulat DPF/FAP, maka mobil tersebut tidak mengeluarkan gas buang berwarna hitam. Jika mobil diesel tidak memiliki filter partikulat diesel, gas buangnya mungkin berwarna hitam saat pengemudi menekan pedal gas (mesin memiliki beban berat).
Warna gas buang putih – warna gas buang diesel putih – warna gas buang bensin putih
Warna gas buang putih – tanda kerusakan serius. Mobil memiliki paking kepala yang rusak atau blok mesin retak. Anda harus bereaksi cepat! Karena mesin mobil akan hancur.
Gejala kegagalan lainnya: level/tingkat cairan pendingin turun, mesin terlalu panas (suhu mesin terlalu tinggi), muncul endapan berminyak di bawah tutup oli mesin.
Ini adalah kegagalan berbahaya yang dapat merusak mesin. Cairan pendingin masuk ke dalam oli mesin. Oli tidak bisa melumasi mesin, karena dia mencampur dentan cairan pendingin. Mesin mobil akan hancur.
Gejala lain: kekurangan cairan pendingin. Suhu pengoperasian mesin naik.
Warna knalpot biru/gas buang biru – warna knalpot biru muda / gas buang biru muda – warna knalpot diesel biru – warna knalpot bensin biru
Warna knalpot biru/gas buang biru berarti mesin membakar bahan bakar dan oli mesin.
Hal ini normal untuk sepeda motor yang memiliki mesin dua langkah. Sepeda motor tersebut menggunakan bensin yang dicampur dengan oli mesin. Tapi itu situasi normal untuk mobil.
Anda harus tahu, bahwa semua mobil membakar sedikit oli mesin. Tapi – jika mesin mobil bekerja dengan baik, dia membakar 100 ml oli per 1000 kilometer. Jika mesin mobil membakar lebih banyak daripada 500 ml / 1 liter oli mesin per 1000 kilometer – itu tidak situasi normal.
Jika gas buang dari knalpot mobil berwana biru, itu adalah tanda kegagalan. Mesin mobil sudah aus – cincin piston rusak. Oli masuk ke dalam mesin dan terbakar dengan bahan bakar. Turbocharger sudah aus. Oli dari turbocharger masuk ke sistem pemasukan mesin. Oli mesin masuk ke dalam mesin dan terbakar dengan bahan bakar.
Gejala kegagalan tambahan: level oli mesin menurun. Mesin mobil dapat hancur karena tidak ada oli mesin.
Warna gas buang hitam – Warna gas buang diesel hitam – Warna gas buang bensin hitam
Warna gas buang hitam menunjukkan
– injektor bahan bakar yang rusak pada mesin diesel. Terlalu banyak bahan bakar yang masuk ke dalam mesin.
– Sensor elektronik yang rusak. Terlalu banyak bahan bakar yang masuk ke dalam mesin akibat sensor yang rusak (misalnya sensor lambda). Mesin bekerja dengan campuran bahan bakar yang kaya (terlalu banyak bahan bakar, terlalu kurang udara).
– Sistem pemasukan tersumbat, intake manifold tersumbat. Turbocharger rusak (jika ada di mobil ini). Kompresor rusak (jika ada di mobil ini). Tidak cukup udara yang masuk ke dalam mesin.
Ketika Anda mau beli mobil bekas – Anda harus cek mobil sebelum kebelian. Anda harus selalu melihat warna gas buang juga.